Nasional Trendings

Inginkan Papua Damai, Mahasiswa Papua di Makassar Minta Jokowi Datang ke Papua

PortalSumber – Mata merah, rambut keriting, kulit hitam. Itulah sosok seorang Rano Karno Patiran (25). Rano, ketua umum dari organisasi daerah mahasiswa Fakfak, Papua Barat, meminta agar Presiden Jokowi segera ke Papua.Hal tersebut diungkapkan Rano Karno, usai mengikuti Deklarasi Papua Damai, di Hotel Claro, Makassar, Kamis (22/8/2019) sore.

Rano meminta, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) segera ke Papua agar selesaikan konflik di Papua dan Papua Barat selesai.

Menurutnya, jika Jokowi menginginkan kedamaian dan keamanan di Papua dan Papua Barat maka segera turun kesana. Namun jika tidak lanjut mahasiswa Stmik Handayani Makassar, maka permasalahan Papua dan Papua Barat akan terus terjadi. “Kepada bapak Jokowi segara ke Papua, karena kalau bapak tidak kesana maka ini akan terus berlangsung lama,” tegas Rano.

“Kemarin itu kita dibilangi monyet, padahal kita ini sama-sama ciptaan tuhan. Mohon agar bapak ke Papua segera,” tambahnya.

Diketahui, Ormas yang menggelar acara Deklarasi ini diantaranya Forum Ummat Islam Bersatu (FUIB) wilayah Sulsel. Diikuti gabungan ormas Islam Wahdah Islamiyah, Front Pembela Islam, Annas, Hidayatullah, KPPSI, Garuda dan Ikadi.

Seperti diketahui, tujuan Deklarasi digelar untuk menjaga keutuhan NKRI, kedamaian dan keamanan di Papua dan Papua Barat.

Semalam, Menkopolhukam RI Wiranto, Kapolri Jenderal Muh Tito Karnavian, dan Panglima Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Tiba di Makassar dan nginap di Hotel Claro Makassar. Tapi, sekitar pukul 07.00 Wita tadi, rombongan bertolak ke Papua.