Nasional Sports

Tanjakan Ijen, Level Tertinggi di Balap Sepeda Indonesia

PortalSumber – Masyarakat Banyuwangi selalu menyambut meriah setiap acara yang digelar di kota dengan julukan The Sunrise of Java. Selain agenda balap sepeda, warga Banyuwangi makin semangat menyambut gelaran Tour de Indonesia.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Raja Sapta Oktohari pun mengapresiasi dan menyebut Banyuwangi sebagai kota balap sepeda di Indonesia. Acara Tour De Indonesia berlangsung dalam lima etape, dengan jarak 825,4 KM melalui kota di Jawa dan Bali.

Etape Keempat

Pada etape keempat ini pebalap dari 20 negara melalui rute sepanjang 147,3 KM dengan start dari kota Jember menuju Paltuding, Gunung Ijen Banyuwangi, Kamis (22/8).

Etape ini dimenangkan oleh Meikel Eyob, pebalap Kinan Cycling Team Jepang yang sukses menaklukkan tanjakan terberat horse category menuju Gunung Ijen.

Tantangan

Di Etape keempat Tour de Indonesia ini, para pebalap harus menaklukkan tanjakan menuju Ijen yang dikenal sangat curam dengan kemiringan 45 derajat. Etape ini juga jadi ajang pembuktian bagi para raja tanjakan untuk menunjukkan keahliannya. “Tanjakan Ijen ini sudah terkenal jadi level tertinggi dan tersulit di balap sepeda Indonesia yang biasa disebut horse class (HC), track ini bahkan dapat pujian dari tim commisaire. Tentunya ini akan menjadi penilaian positif bagi kompetisi balap sepeda Indonesia di dunia internasional,” kata Raja Sapta.