Politik

Amien Rais Angkat Bicara Mengenai Kisruh di Papua

PortalSumber – Akhir-akhir ini bangsa Indonesia terhenyak dengan kericuhan di sejumlah wilayah Papua dan Papua Barat, Sementara, pemerintah sedang sibuk dengan rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan. Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais meminta rencana pemindahan ibu kota ditunda terlebih dahulu. Persoalan yang lebih mendesak yakni menuntaskan masalah Papua bukan ibu kota. Dirinyapun mengaku memahami amarah masyarakat Papua akhir-akhir ini.

Ungkapan Perasaan Amien Rais

“Saudara kita di Papua itu memang melampiaskam amarahnya. Saya sangat paham apa yang dirasakan,” ujar Amien, di Jakarta Jumat (23/8).

Amien menjelaskan ada beberapa permasalahan yang membuat masyarakat Papua marah. Di antaranya karena ekologi mereka dihancurkan dan masalah ini dari waktu ke waktu tidak pernah ditangani dengan serius dan cenderung diabaikan. Kemudian juga isu rasialisme yang menimpa masyarakat Papua. Maka masalah ini mendesak yang harus diselesaikan secara tuntas.

Saran Amien Rais

Amien berpendapat untuk menuntaskan persoalan Papua tidak bisa hanya dengan satu dimensi tapi harus dilakukan dengan multidimensi melalui pendekatan yamg komprehensif. Ia meminta kepada pemerintah untuk memahami dengan benar pernyataan tokoh Papua yang menyebut mau membuang NKRI dari Papua.

“Jadi, Pak jangan kemaruk punya ibu kota, jangan. Jangan macam-macam, yang lain bisa ditunda, tapi tolong Papua jangan sampai terlambat,” tutup Amien.