Daerah Nasional

Sumut Masuk 20 Besar Kinerja Penyelenggaraan Pemda Indonesia

PortalSumber – Provinsi Sumatra Utara hanya menempati peringkat ke-20 dari 34 Pemprov di Indonesia Tahun 2018 dalam kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dibandingkan tahun 2017. Hasil evaluasi berdasarkan validasi Tim Teknis Nasional Kinerja Pemerintah Daerah 2018 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2017 itu menunjukkan Pemprov Sumut, meraih skor 2,7835.
Hal itu disampaikan Inspektur Provinsi Sumut, Lasro Marbun, di hadapan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, dan undangan lainnya pada pembukaan Pra-Evaluasi Kinerja Penyelengaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Kabupaten/Kota se-Sumut 2019, di Hotel Grand Aston Medan, Jalan Balai Kota, Medan, Kamis (22/8/2019).

Skor LPPD

Kemudian Lasro Marbun menyebutkan ada 4 kabupaten/kota dengan skor LPPD yang sangat tinggi, yakni Pemkab Deli Serdang 3,0189, kemudian Pemkab Humbang Hasudutan 3,0004, Pemkab Samosir 3,0033, dan Pemko Tebing Tinggi 3,0020.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumut Yono Andi Atmoko mengatakan bahwa Pra-EKPPD ini sangat penting pada saat tim melakukan evaluasi agar bisa selesai tepat waktu, karena seharusnya LPPD itu diselesaikan paling lama 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Harapan Gubernur

Sementara itu, Gubsu, Edy Rahmayadi, mengharapkan seluruh Pemda di Sumut terus meningkatkan kinerja dari tahun sebelumnya dalam membangun daerah. Sehingga ke depan, Sumut berubah menjadi lebih baik lagi.

“Saya ingin Sumut ini berubah, tak ada niat saya yang lain lain, kita harus bersama, menyamakan aturan mainnya, karena saya juga tak bisa terlalu banyak campuri wewenang kabupaten/kota, seharusnya misi kita sama untuk menyejahterakan rakyat Sumut,” ujar Edy.

Gubsu juga menyampaikan agar jabatan yang diemban saat ini harus digunakan untuk pembangunan. “Saya sedang menyesuaikan dengan keadaan Sumut yang sedang berat, saya sudah sampaikan kepada OPD saya, saya ingin begini dan begitu, implementasinya harus jelas, muaranya adalah pendapatan daerah harus naik, saat ini pendapatan daerah Rp 12 triliun, untuk itu gunakanlah jabatan sebagai alat untuk berbuat,” terang Edy.

Hadir di antaranya Wali Kota Padang Sidimpuan, Irsan Efendi Nasution, Wali Kota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, dan Plt Bupati Labuhan Batu, Andi Suhaimi Dalimunthe, Wakil Bupati Tapanuli Utara, Sarlandy Hutabarat, serta para Sekda dan OPD kabupaten/kota se-Sumut. (benny pasaribu)