Nasional Trendings

Tjahjo Kumolo Tentang Ibu Kota Baru

PortalSumber – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan tanggapan ibu kota baru nanti bukan daerah otonomi. Ia mengatakan wilayah ibu kota di Kalimantan Timur (Kaltim) dapat digambarkan seperti Putrajaya Kuala Lumpur, Malaysia, atau kawasan BSD.

“Secara terpadu semua sedang disinkronkan oleh Bappenas, tugas administrasi Depdagri kan tata kelola pemerintahan nanti dikoordinasikan oleh Setneg karena yang saya pahami ibu kota baru ini bukan merupakan daerah otonomi baru dibentuk satu kabupaten, atau dibentuk kotamadya, tidak. Ini seperti Putrajaya di Kuala Lumpur kalau di wilayah Jakarta ya ada BSD,” kata Tjahjo di gedung Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

Beliau menyampaikan bahwa saat ini masih dalam tahap menunggu proses perencanaan dan proses pembangunan. Blueprint atau kerangka pembangunan ibu kota baru akan ditangani oleh Bappenas secara infrastruktur antara Kutai Kartanegara dan Paser.

“Kedua ada pelabuhan laut dalamnya, ada tangki BBM-nya, kemudian dua bandara ada di situ, internasional sudah ada, yang ketiga itu dari sisi geologinya sudah clear bukan daerah ancaman lempengan gempa, kemudian yang ketiga ada tanah negara yang sudah siap,” sambungnya.

Terkait peraturan perundang-undangan, pemerintah akan membahas hal tersebut langsung bersama dengan anggota DPR semisal undang-undang atau regulasi yang sudah ada perlu direvisi. Gambaran kerangka ibu kota baru secara fisik sampai saat ini, kata Tjahjo belum ada.

“Ini lagi gambar ini, kan sambil jalan sambil nanti dibangun kalau sudah selesai regulasi dengan DPR nanti bagaimana administrasi tata kelola pemerintahan kan Setneg yang mengurus apa fungsi-fungsi kementerian yang akan jalan nanti sambil jalan mungkin setelah dua tahun atau setelah tiga tahun proses pembangunan. Ini secara fisik belum,” jelasnya.