Politik Trendings

Konsep Eco-Green Airport Didukung PT Angkasa Pura II

PortalSumber – PT Angkasa Pura II mendukung program pemerintah dalam menggunakan transportasi yang memanfaatkan listrik sebagai sumber tenaganya. Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya berinisiatif dalam menerapkan pola operasi bandara di Indonesia dengan konsep eco-green airport.

“Kalau kita masuk kembangkan konsep lebih modern eco-green dan sebagainya, salah satunya adalah electric vehicles,” ungkapnya.

Dengan memanfaatkan konsep kendaraan bertenaga listrik yang dioperasikan secara otomatis, akan berpotensi mengurangi penggunaan SDM. Kendaraan yang dapat dioperasikan demi mendukung operasi bandara menggunakan kendaraan listrik antara lain airport public, airport shuttle dan sky train.

Ia juga mengungkapkan bahwa konsumsi listrik di bandara Soekarno-Hatta mencapai sekitar 70 megawatt. Berbeda setelah transportasi listrik nantinya sudah dioperasikan, maka jumlah konsumsi listrik diperkirakan akan naik menjadi 130-135 megawatt dalam 5 tahun kedepan.

Sampai sekarang Mobil Anak Bangsa (MAB), yakni nama brand bus bertenaga listrik sudah mulai dioperasikan di bandara. Kesepakatan sudah dicapai dan ditandatangani setahun lalu saat uji coba untuk penggelaran Asian Games dan Asian Paragames 2018 lalu.

“Supaya nggak malu-maluin lah, Indonesia airport-nya sudah punya bus listrik,” tambahnya.

Awaluddin mengungkapkan harapannya terhadap seluruh bandara di Indonesia agar bisa menjadi bandara modern eco-green. Ia juga berjanji akan menyiapkan segala infrastruktur pendukung seperti stasiun penyedia listrik umum (SPLU) yang sampai saat ini masih hanya satu berdiri.

“Nanti jadi porsi tanggung jawab kalau PLN silahkan kerja sama dengan bandara juga silakan,” Ujarnya.