Politik

Tanggapan Bupati Penajam Paser Utara Terhadap Letak Istana Negara

PortalSumber – Presiden Joko Widodo sudah memutuskan ibu kota Indoensia akan pindah ke wilayah Kalimantan Timur. Lokasinya sendiri nanti akan berada di 2 wilayah yang berdekatan, sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

Menanggapi keputusan tersebut, Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas’ud memastikan letak Istana Negara yang baru di ibukota baru nanti akan berada di wilayah yang kini dipimpinnya.

“Bapak menteri juga mengatakan bahwa sebagian besar, bahkan lokasi nanti titik Istana (Negara) itu ada di Penajam Paser Utara,” kata Abdul.

Abdul mengakui rencana pembangunan ibu kota baru di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara sudah melalui berbagai kajian yang matang dari beberapa tahun lalu. Namun pihaknya tak mengetahui detail kajian yang dilakukan tersebut.

“Saya yakin pemerintah pusat sudah mempersiapkan itu. Karena kita tahu (ibu kota negara yang baru) akan dibangun di 2020 ya, 2020, 2021, 2022, 2023 dan 2024 sudah selesai, sudah pindah (dari DKI Jakarta),” jelasnya.

“Jadi mulai tahun 2020 itu Insyaallah akan dibangun ibu kota pemerintahan yang baru di Kalimantan Timur tepatnya di Penajam Paser Utara,” tambah Abdul.