Ekonomi Trendings

Iuran BPJS Naik, Apa Penyebabnya?

PortalSumber – Naiknya Iuran BPJS menjadi tujuan pemerintah dalam menutupi angka defisit keuangan BPJS Kesehatan. pemerintah melalui Kementerian Keuangan merencanakan untuk menaikkan iuran BPJS tersebut untuk semua golongan. Baik peserta BPJS yang penerima bantuan iuran (PBI) maupun golongan umum seperti biasanya.

Penyesuaian tarif ini diusulkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang mana angkanya mencapai Rp 160.000 per bulan per jiwa untuk kelas 1 peserta umum atau non PBI. Hal ini juga sekaligus membuat iuran kali ini memiliki jumlah kenaikannya mencapai dua kali lipat dari sebelumnya yang sebesar Rp 80.000.

Sedangkan untuk peserta yang berada di kelas 3 baik PBI dan non PBI diusulkan akan naik menjadi Rp 42.000 per bulan per jiwa atau naik dua kali lipat untuk peserta PBI yang sebelumnya berada di harga Rp 23.000 dan non PBI sebesar Rp 25.500.

Rencana kenaikan tarif ini sebenarnya ditragetkan akan diterapkan pada awal tahun 2020. Namun Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengungkapkan bahwa kenaikan tarif berlaku mulai dari 1 September 2019 tahun ini.