Nasional Trendings

Luhut Berpendapat Tentang Bantuan Perusahaan China Untuk BPJS

PortalSumber – Perusahaan asal China yang bergerak di bidang asuransi, Ping An, belakangan ini diberitakan menawarkan bantuan dalam menyelesaikan masalah krisis atau defisit BPJS Kesehatan di Indonesia. Bantuan yang akan diberikan adalah peningkatan mutu dan kualitas sistem teknologi informasi yang digunakan.

Rencana tersebut diberitahukan langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Meski begitu, Luhut belum bisa memastikan bagaimana kelanjutan dari rencana tersebut. Menurutnya, dia hanya ingin sebatas menyampaikan keinginan dari perusahaan Ping An.

“Saya nggak tahu saya cuma sebatas masukan saja. Saya hanya mempertemukan saja,” tutur Luhut.

“Dia tuh hanya sebatas, bisa melengkapi sistem kita. Mereka itu healthcare tersukses di dunia, Singapura aja pakai mereka. Sistem mereka itu proven, soal penambahan hadrware itu urusan kita Indonesia,” lanjut Luhut.

Menurutnya Langkah yang selanjutnya harus diambil merupakan kewenangan dari Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani

“Saya nggak tahu (bisa turunkan defisit atau tidak). Saya cuma sebatas kenalin itu, selanjutnya itu Bu Puan punya kerjaan,” jelas Luhut.

Yang jelas Menteri Puan Maharani tidak terlalu menanggapi tawaran Ping An yang marak diberitakan belakangan ini. Puan juga menegaskan tidak ada rencana-rencana untuk membuka bantuan dari pihak lain dalam menyelesaikan masalah BPJS Kesehatan.