Entertainment

Peningkatan Pasar Organik di Indonesia Dapat Sangat Bermanfaat

PortalSumber – Pasar organik di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan daya beli masyarakat dan juga alasan hidup yang lebih sehat marak terdengar. Angka pertumbuhan pasar organik di Indonesia sendiri berada di sekitar 15 persen hingga 20 persen.

Guru Besar Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Ali Khomsan MS, menjelaskan penelitian yang dilakukan terhadap sebuah produk susu organik. Dari sisi kandungan gizi, kandungan susu organik berbeda dengan susu konvensional atau pada umumnya.

“Ada studi yang mengatakan kadar omega-3 dan omega-6 pada susu organik lebih tinggi, yaitu pada susu yang dihasilkan dari sapi yang mengonsumsi rumput hijau (grass milk). Tetapi untuk gizi makronya (lemak, protein, karbohidrat) tidak ada perbedaan signifikan,” jelasnya.

Spesialis Gizi Klinis dari FKUI, Dr Fiastuti Witjaksono, menjelaskan, meningkatnya kesadaran untuk hidup sehat di masyarakat, salah satunya dengan memanfaatkan pangan organik, dapat menjadi sebuah langkah yang sangat bermanfaat.

“Selama ini konsumen makanan organik kebanyakan pada penderita kanker, atau anak berkebutuhan khusus. Seharusnya makanan organik dikonsumsi untuk tindakan preventif. Makan makanan sehat adalah investasi agar terhindar dari berbagai penyakit kronis,” paparnya.

Sedangkan menurut seorang konsultan makanan dan peternakan dari kedutaan Denmark, Erika T Luquin mengungkapkan, dibutuhkan waktu sekitar 30 tahun dari pembangunan kesadaran tentang organik hingga saat ini. Di mana efeknya, produk-produk organik sudah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat Denmark.

“Kuncinya adalah terus berinovasi. Melalui Organic Action Plan, kami mendukung riset, menyediakan program bagi peternak yang ingin mengubah peternakannya dari konvensional menjadi peternakan organik. Targetnya menggandakan area organik, dari tahun 2007 sampai 2020,” jelasny.