Entertainment Nasional

Penasaran Dengan Hasil Uji Coba Jaringan 5G di Indonesia, Simak Hasilnya Sebagai Berikut

PortalSumber – Penyedia jasa telekomunikasi di Indonesia, Tri Indonesia melakuakan uji coba penggunaan jaringan 5G bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Gelaran ini sekaligus merupakan respon setelah menyusul pemberian izin oleh Kominfo pada Tri Indonesia untuk melaksanakan uji coba 5G di spektrum 28 GHz.

Uji coba ini adalah uji coba 5G pertama yang dilakukan di Indonesia. Dilakukan pada live system secara end-to-end, menggunakan frekuensi millimetre wave untuk 5G gNB radio, 80 GHz untuk E-Band transport, NSA3x untuk 5G Core Network di Semarang, serta HSS, PCRF, dan VoLTE IMS di Jakarta, dan perangkat 5G.

Pada uji coba 5G yang dilakuakan kali ini, jaringan Tri Indonesia tercatat mencapai statistik kecepatan unduh data (download) hingga 1,2 Gbps sedangkan untuk kecepatan unggah (Upload) mencapai 75,9 Mbps dengan latensi 11 ms.

Uji coba ini sekaligus mendemonstrasikan kemampuan Dual Connectivity dengan cara menggabungkan jaringan 5G dengan jaringan LTE secara simultan.