Nasional Trendings

Esemka Diklaim Mirip Dengan Mobil Pabrikan China

PortalSumber – Media sosial sempat heboh dengan berita mobil Esemka jenis Bima yang diklaim memiliki kesamaan antara kreasi anak bangsa dengan mobil pabrikan dari China, Changan Star Truck.

Menanggapi kritik dari masyarakat ini, Anggota DPR Ketua Fraksi Hanura, Inas N Zubir membeirkan tanggapan bahwa semua pihak agar dapat menghargai terlebih dahulu kreasi anak bangsa. Tanggapannya, Esemka bisa menjadi perintis untuk terciptanya produksi kendaraan mobil dalam negeri di Indonesia.

PT Solo Manufaktur Kreasi telah mengarungi jalan yang cukup terjal untuk mewujudkan cita-cita bangsa dalam mewujudkan terciptanya mobil buatan Indonesia, sejak tahun 2007. Esemka, yang awalnya merupakan inisiatif dari Wali Kota Solo pada waktu itu masih dalam masa kepemimpinan Jokowi untuk memotivasi pelajar SMKN 1 Solo dengan merakit mobil dalam negeri pertama di Indonesia.

“Perjalanan yang tidak mudah tersebut akhirnya membuahkan hasil, walaupun baru merakit mobil buatan Cina tapi sudah mengandung komponen-komponen dalam negeri dan seharusnya para politikus-politikus bawel tersebut mendukung niat baik tersebut,” paparnya.