Nasional Trendings

Cerita Anak Didik Habibie Sedih Atas Kepergian Gurunya

PortalSumber – Ekonom senior sekaligus Ketua Lembaga Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Ekonomi Kadin Indonesia, Didik J Rachbini, turut menyampaikan rasa duka cita atas kepergian BJ Habibie.

Anak didik BJ Habibie ini mengatakan, Presiden ke-3 RI tersebut telah mewariskan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) bagi Indonesia yang pada era 1980-an masih kental sebagai negara agraris.

“Ketika kehidupan Indonesia masih agraris tahun 1980-an dan orang belum kenal apa itu ilmu, apa itu teknologi, Habibie mengenalkan konsep ilmu pengetahuan dan teknologi yang kemudian dikenal dengan istilah iptek,” ujar beliau.

Dia pun menceritakan kisah BJ Habibie sebagai sosok pemimpin dengan pemikiran modern yang telah mengantar peralihan dari rezim Orde Baru ke rezim reformasi yang demokratis.

“Dalam masa kepemimpinannya yang singkat telah banyak kebijakan yang mendorong ke arah demokratisasi politik, desentralisasi, Bank Indonesia yang independen, pemberantasan korupsi, dan sebagainya. Boleh dikatakan bahwa Habibie adalah Bapak Demokrasi Indonesia,” tutup beliau.