Nasional Politik

Hasil Uji Kelayakan Untuk Capim KPK, DPR Akan Mengesahkan nya

PortalSumber – DPR akan mengesahkan lima capim KPK hasil uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR pada Senin 16 September nanti.

“Saya mendengar dari Sekretaris Jenderal DPR bahwa surat dari pimpinan Komisi III sudah masuk ke meja pimpinan. Mereka meminta agar hari Senin langsung diadakan pengesahan di paripurna,” kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Pimpinan DPR menjadwalkan pada 16 September dilakukan rapat paripurna dengan beberapa agenda.“Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan hari Senin, Paripurna DPR akan mengesahkan capim KPK yang terpilih lima orang,” ujar Anggota DPR Daerah Pemilihan Nusa Tenggara Barat.

Selain itu juga ada agenda lain, menurut Fahri, laporan tiga tim pengawas DPR, ada kemungkinan soal capim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan juga sejumlah surat presiden (surpres) terkait beberapa rancangan undang-undang (RUU).

“Karena Presiden juga terakhir ada mengajukan beberapa rancangan undang-undang lagi,” katanya.

Komisi III DPR telah menetapkan lima orang sebagai capim KPK perode 12019-2023 pada Kamis dini hari, yakni Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, Alexander Marwata, Firli Bahuri.