Ekonomi Politik Trendings

Jusuf Kalla Melihat Impor Minyak Yang Akan Menyebabkan Indonesia Harus Menambah Utang

PortalSumber – Jusuf Kalla Melihat impor minyak yang terus membengkak, hingga harus membuat Indonesia utang lagi dan bikin defisit perdagangan semakin dalam. Ketika sebagian besar impor minyak dipakai untuk transportasi.

“Defisit perdagangan kita itu terbesar disebabkan karena kebutuhan BBM. Sedangkan 70% BBM itu untuk transportasi. Jadi apabila tidak dikelola, kemacetan banyak, semua orang naik mobil pribadi, terpaksa kita impor minyak. BBM lebih banyak lagi, akibatnya kita defisit terus, utang lagi kita,” ujar beliau.

kembali beliau menambahkan, dampak negatif lain dari transportasi yang tidak diatur dengan baik adalah tingginya tingkat polusi udara. Faktor penyebab polusi di perkotaan, lanjutnya berbeda dengan daerah.

“Di Sumatera tentu polusi bisa disebabkan kebakaran hutan, tapi kalau di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, polusi karena membakar BBM, begitu banyaknya kendaraan menyebabkan polusi seperti Jakarta sekarang ini,” tegasnya.

Wakil Presiden RI ini meminta agar para pelaku usaha sektor transportasi bisa memanfaatkam teknologi agar tidak membebani neraca dagang. “Kemacetan, defisit perdagangan, dan juga tentu polusi, semua hasil dari sistem transportasi yang harus diperbaiki. Maka apa yang hari ini dilakukan, Indotrans Ekspo harus memperlihatkan yang baru di bidang transportasi. Memang banyak berkembang dan mempunyai suatu perubahan sosial juga,” jelasnya.