Daerah

Kondi Kabut Asap di Labuhanbatu Makin Parah

PortalSumber – Bencana kabut asap yang melanda Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara bertambah parah akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah daerah di Provinsi Riau. 

Polusi kabut asap terparah terjadi di sejumlah desa di seberang Sungai Barumun di Kecamatan Kampungrakyat yakni, Desa Teluk Panji Bom, Desa Teluk Panji I, Desa Teluk Panji II, Desa Teluk Panji III, dan Desa Teluk Panji IV, Desa Perkebunan Batang Seponggol dan Desa Perkebunan Teluk Panji. 

Desa-desa di wilayah tersebut berbatasan langsung dengan Provinsi Riau yakni, Kabupaten Rokan Hilir. Selain itu, beberapa titik api Karhutlah juga diketahui terjadi di daerah tersebut.

Pekatnya kabut asap menyebabkan jarak pandang di kawasan itu terbatas yakni, berkisar 200 meter hingga 300 meter.

Kondisi asap di wilayah Labuhanbatu Selatan parah. Menurutnya, jika kondisi ini terus berlarut, dikhawatirkan polusi kabut asap akan mengganggu kesehatan warga.

Warga berharap pemerintah daerah segera mencari solusi untuk meminimalisir dampak kabut asap tersebut, seperti membagi-bagikan masker dan membuat posko penanggulangan penyakit ISPA.