Daerah Ekonomi Trendings

Lipan Menjadi Salah Satu Bahan Perbincangan di Sail Nias

PortalSumber – Berada pada Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, memperkenalkan manfaat dan nilai ekonomi hewan lipan atau kelabang kepada masyarakat Nias.

Di pameran di Wonderful Nias Expo,  Tim Pelaksana Kegiatan Kemitraan Desa Melati II, Rizal di Nias Selatan, mengatakan lipan atau kelabang yang merupakan salah satu hewan berbisa, memiliki nilai ekonomi karena bisa menjadi komoditas ekspor seperti ke China.

Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nugroho Setijo Nagoro mengatakan pihaknya terus mendorong masyarakat pedesaan untuk terus mengembangkan potensi yang ada di desanya masing-masing.

Terkait lipan atau kelabang tersebut, ia mengatakan, kementerian saat ini sedang melakukan komunikasi dengan berbagai pihak terutama BPOM bagaimana meningkatkan nilai tambah dari olahan lipan atau kelabang tersebut.

“Saya kira kalau bisa kita tingkatkan nilai tambahnya kenapa harus dijual mentah. Ini akan kita cari tahu teknologinya, apakah sudah ada studi atau kajian tentang pengolahan serta manfaat dari lipan itu,” ujar beliau.