International Trendings

NASA Siapkan Rencana Misi Luar Angkasa ke Permukaan Bulan

PortalSumber – NASA akan kembali mengirim manusia ke Bulan. Tidak hanya untuk rencana menginjakkan kaki di Bulan, NASA juga berencana mempunyai orbiting lunar space station untuk kali pertama.

Gateway ini menurut NASA akan berfungsi sebagai titik tolak bagi misi luar angkasa ke Bulan, dan akan ditempatkan di orbit yang sangat panjang. Sebagai langkah antisipasi resiko di akhir, NASA memutuskan meluncurkan satelit CubeSat kecil ke orbit yang sama.

Satelit CubeSat nantinya akan memberikan ilmuwan preview terkait bagaimana Gateway akan melakukan perjalanan setelah tiba di permukaan bulan. Misi CubeSat yang baru disetujui akan membawa pesawat luar angkasa dalam jarak 1000 mil dari Bulan sebelum melemparkannya kembali ke luar angkasa dengan jarak kurang lebih sekitar 43.000 mil.

NASA memiliki misi yang siap dijalankan pada tahun 2020 nanti, yang merupakan perputaran yang relatif cepat untuk sebuah misi yang baru saja mendapat lampu hijau.

“Ini adalah kesempatan menarik bagi NASA untuk secara agresif mendorong maju menuju Bulan dalam kemitraan dengan beberapa usaha kecil Amerika sebagai pelopor Artemis dan mempertahankan keberadaan manusia di luar orbit rendah Bumi,” jelas Jim Reuter selaku Associate Administrator NASA .