Kriminal

Polda Menyita Mobil Yang Telah Digelapkan Oleh Sindikat

PortalSumber – Polda Metro Jaya 3 bulan terakhir menyita 29 mobil hasil kejahatan. Barang bukti tersebut disita polisi dari sejumlah kelompok sindikat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan para tersangka terbagi ke dalam 5 kelompok yang ditangkap pada Juli-September 2019.

“Kasus pada 5 Agustus kasus penggelapan. Tersangka menyewa mobil di temannya lalu digadaikan lagi ke temannya seharga Rp 30 juta,” kara Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Modus lainnya ialah melakukan penggelapan dengan cara mengajukan aplikasi kredit. Untuk menghilangkan jejaknya, sindikat ini memalsukan identitasnya.

Mobil hasil kejahatan dijual kepada sindikat penadah dengan harga miring. Kendaraan tersebut dijual tanpa BPKB.

“Ini sama juga ini mobil ini dijual murah seharga Rp 91 juta mobil tahun 2019 dijual tanpa BPKB,” kata Argo.

Polisi hingga saat ini masih menyelidiki kasus tersebut dan memburu para tersangka yang masih berstatus DPO. Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit Ranmor Polda Metro Jaya AKBP Sapta Maulana mengatakan modus yang dilakukan seluruh pelaku ini hampir sama dengan pelaku lainnya.

Akibat perbuatannya, para tersangka dikenai Pasal 372 KUHP tentang Jaminan Fidusia serta Pasal 480. Para tersangka terancam hukuman 5 tahun penjara.