Nasional

BI Perwakilan NTT Gelar Kegiatan Cinta Rupiah Cinta NKRI di Sumba

PortalSumber – Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur bersama Lantamal VII Kupang, telah menggelar Ekspedisi Kas Keliling di wilayah pulau terluar, terdepan dan terpencil, 20-26 September. Ekspedisi Kas Keliling yang diberi tema ‘cinta Rupiah, cinta NKRI’ kali ini akan diadakan di Sumba Timur, Sumba Barat Daya, Labuan Bajo di Manggarai Barat, pulau Pemana di Sikka, serta Lamakera di Lembata, menggunakan KRI Hiu.

Tim Ekspedisi Kas Keliling Bank Indonesia tiba di titik pertama, yakni Pelabuhan Waekelo, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur pagi ini menggunakan KRI Hiu. Setelah dibuka oleh Bupati Sumba Barat Daya, Kornelis Kodi Mete, Kas Keliling Bank Indonesia langsung diserbu oleh warga setempat, untuk menukarkan uang lusuh mereka.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur, I Nyoman Ariawan Atmaja mengatakan, kondisi uang di Nusa Tenggara Timur sesuai hasil survei, terutama uang receh masih jauh di bawah standar nasional.

Standar kelusuhan uang atau soil level pecahan sudah mencapai standar sepuluh. Artinya sudah di atas standar sembilan sesuai target Bank Indonesia Pusat