Daerah Trendings

Efek Karhutla Membuat Harimau Sumatera Berlarian Keluar Hutan

PortalSumber – Karhutla banyak membuat kerugian serta memakan banyak flora dan fauna, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Indragiri Hilir harus waspada jika berhadapan dengan harimau Sumatera keluar dari habitatnya yang terbakar.

Kasi Logistik BPBD Inhil, Riswanto menceritakan, warga mengingatkan petugas BPBD karena ada dua ekor harimau Sumatera keluar dari hutan yang terbakar. Satwa bertaring tajam itu disebut keluar dari hutan di Desa Bayas, Kecamatan Kempas, Kabupaten Inhil.

“Saya dapat laporan dari sejumlah warga, mereka melihat dua ekor harimau berlari keluar dari hutan. Mungkin karena sudah panas di dalam hutan yang terbakar,” kata beliau.

Lokasi kebakaran lahan yang sedang dipadamkannya merupakan areal dan jalur melintas harimau Sumatera tersebut saat keluar dari sarangnya.

“Saat kita lagi padamkan api, warga memberi tahu agar kami hati-hati. Di daerah tempat kami memadamkan pernah dilewati harimau Sumatera beberapa hari lalu,” kata Riswanto.

BPBD serta tim pemadam karhutla lainnya mengaku belum melihat kemunculan hewan buas tersebut. “Katanya ada dua ekor harimau keluar dari hutan. Tapi kami tidak melihatnya,” tambahnya.