Daerah

Pangdam I Bukit Barisan Memberi Pernyataan Bahwasannya Indonesia Memiliki Hutan Mangrove Yang Terluas Mencapai 20 Persen Dari Luas Hutan Mangrove Di Dunia

PortalSumber – Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah berkata bahwasannya wilayah Indonesia memiliki hutan mangrove yang terluas mencapai 20 persen dari luas hutan mangrove di dunia, juga memiliki keanekaragaman yang terbesar, dan strukturnya bervariasi.

“Warisan alam yang sangat luar biasa ini memberikan tanggung jawab besar bagi bangsa Indonesia untuk melestarikannya,” kata Fadhilah, dalam sambutannya pada penanaman 5.000 pohon mangrove di Desa Bagan Serdang.

Beliau juga mengatakan dari penanaman sebanyak 5.000 batang pohon mangrove dilakukan secara serentak di Indonesia. Hal tersebut juga untuk menyemarakkan HUT ke-74 TNI Tahun 2019.

Pohon mangrove sumber pendapatan bagi masyarakat penyiapan karbon, serta sebagai mitigasi bencana.

“Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan pelaksanaan pelestarian mangrove, yakni Perpres 73 Tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pengelolaan Ekosistem Mangrove.Dan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kebijakan Strategi, Program dan Indikator Kinerja Pengelolaan Ekosistem Mangrove Nasional, serta Hari Lahan Basah Sedunia,” kata mantan Kapuspen TNI itu.

pada acara tersebut juga turut dihadiri oleh, Pangdam I/BB Mayjen TNi MS Fadhilah, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Danlantamal I Belawan Laksamana Petama TNI Abdul Rasyid, Pangkosekhanudnas III Marsekal Pertama TNI Djohn Amarul, Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Wahyu Sugiarto, Aster Kasdam I/BB Kolonel Inf Parluhutan Marpaung, Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Zunaidhi dan undangan lainnya.