Peristiwa

Pemprov DKI Jakarta Bakal Memperbaiki Kembali Jalur Sepeda Yang Sempat Terbengkalai

PortalSumber – Pemprov DKI Jakarta bakal mengintegrasikan jalur sepeda yang terbengkalai. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebut, ada tiga jalur sepeda. Ketiganya berada di beberapa ruas jalan.

Di antaranya Jalan Melawai sepanjang 2 kilometer, dan Jalan Inspeksi Kanal Timur sepanjang 9 kilometer, serta Jalan Danau Sunter Selatan sepanjang 1,5 kilometer.

“Dulu sempat ada pembangunan jalur sepeda, tetapi tidak dilakukan secara terintegrasi dalam satu kesatuan rute atau jaringan. Ini kita akan kaji kembali, bisa saja jalurnya kita hidupkan, tetapi kita lakukan beberapa rekayasa. Sehingga fungsi jalur itu kembali pada tujuan awalnya untuk pesepeda,” kata Syafrin.

Syafrin menjelaskan, konsep pengintegrasian. Jalur sepeda di Jalan kawasan Melawai misalnya. Itu akan diintegrasikan dengan rute Jalan RS Fatmawati Raya, Jalan Panglima Polim, Jalan Sisingamangaraja, hingga Jalan Sudirman.

Sedangkan, di ruas jalan BKT rencananya diintegrasikan setelah jalur sepeda fase ketiga resmi dibuka.

Adapun jalurnya dari Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, dan Jalan Jatinegara Timur ini nantinya akan dihubungkan ke kawasan BKT lewat Kampung Melayu.

Sementara itu, diakui Syafrin, jalur sepeda di Danau Sunter sulit terintegrasi. Tapi, Dishub akan tetap berusaha menyambungkan dengan jalur sepeda fase satu, yakni Jalan Pemuda, Jalan Pramuka, Jalan Proklamasi, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Medan Merdeka Selatan.