Politik

Ketua DPRD Jakarta Menyampaikan Pihaknya Menargetkan Pengesahan Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan

PortalSumber – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, menyampaikan pihaknya menargetkan pengesahan pimpinan alat kelengkapan dewan bisa dilaksanakan pekan depan. Saat ini, pembahasan tengah dilaksanakan di DPRD DKI Jakarta di mana penetapan pimpinan AKD disepakati secara musyawarah.

Prasetyo berharap, seluruh fraksi menyerahkan nama-nama pimpinan AKD yaitu komisi dan badan paling lambat Kamis ini. Kemudian, nama-nama yang diusulkan fraksi akan dibagi dan dibahas dalam rapat selanjutnya. Pembagian pimpinan akan dilakukan secara proporsional.

“Pembagian-pembagiannya sudah terlihat; PDIP berapa, PKS berapa, Gerindra berapa. Kita fleksibel saja. Kita lihat ada partai di atas sepuluh (kursi atau anggota), bawahnya kita sinkronkan juga, dinamis juga,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDIP, Gembong Warsono, menyampaikan jumlah pimpinan AKD sebanyak 19 orang; 15 pimpinan komisi dan empat pimpinan badan. Pembagian akan dilakukan secara proporsional. Dia memastikan kursi pimpinan AKD tak akan dipenuhi oleh PDIP mengingat PDIP menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak.