Nasional

Prof Nadjaji Anwar Berpendapat Bahwasannya Indonesia Kekurangan Profesor

PortalSumber – Ketua Majelis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Prof Nadjaji Anwar mengatakan jumlah profesor masih sangat kurang sehingga jumlahnya perlu ditingkatkan.

“Dari sekitar 4.500 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia, jumlah profesor hanya 5.389 orang. Dan sebanyak 45 persen atau 2.395 profesor berada di 11 PTN BH,” kata Prof Nadjaji Anwar dalam Sidang Tahunan PTN BH di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Kampus UI Depok.

Menurut dia Profesor adalah jabatan akademik paling tinggi di perguruan tinggi untuk mengajar, untuk meneliti dan untuk mengabdikan kepada masyarakat.

Prof Nadjaji mengajak para profesor tidak hanya mengurusi ilmu, penelitian di laboratorium dan membimbing saja, tetapi ikut memikirkan solusi yang dihadapi bangsa.

Adapun 11 PTNBH yaitu UI, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Institut Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Sumatera Utara.