Daerah

Pemkab Tapsel Besar Harapan Melindungi Keberagaman Hayati Diwilayahnya

PortalSumber – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan cukup sangat konsekuen dengan konservasi di ekosistem Batang Toru dalam melindungi kekayaan keragaman hayati yang ada didalamnya. 

“Kekayaan baik flora maupun fauna khususnya orangutan yang ada di ekosistem Batang Toru harus kita lindungi dengan baik, sebab akan menjadi warisan generasi muda mendatang,” kata Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu.

Luasan kawasan bentang alam Batang Toru esensinya beririsan dengan Kabupaten Tapanuli Utara 60%, Kabupaten Tapanuli Tengah 10%, sedang wilayah Tapanuli Selatan 30%

Saat menerima kunjungan Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial KLHK RI, Bupati diruang kerjanya menyatakan bahwa Pemkab Tapanuli Selatan telah memberikan perhatian cukup baik terhadap lingkungan bentang alam Batang Toru. 

Komitmen tersebut antaralain mewujudnyatakan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang kawasan strategis Batang Toru dan sekitarnya. 

“Adapun muatan yang penting disitu (RDTR)  yakni mendeliniasi koridor satwa liar dan koridor yang akan ditindaklanjuti dengan membentuk forum kolaborasi pengelolaan koridor,” katanya.