Daerah

Koperasi Yang Maju Diharapkan Agar Menghindari Jeratan Rentenir

PortalSumber – Kuatnya pergerakan koperasi yang maju, diharapkan dapat menghindari jeratan rentenir, selain itu koperasi juga bisa menentukan harga jual dari hasil produksi dan berperan besar dalam mengelola perawatan perkebunan, khususnya di sentra perkebunan kelapa sawit.

Hal itu disampaikan Asisten II Ekbangsos Hermasyah, saat memimpin apel gabungan ASN di jajaran Pemkab Langkat.

Hermasyah menyamlaikan koperasi di Langkat cukup besar jumlahnya. Pada umumnya bergerak dibidang unit usaha simpan pinjam dan sebagaian koperasi yang lain telah mengembangkan  unit usahanya pada pemasaran hasil pertanian dan perkebunan, produksi makanan ringan, pencatatan jasa listrik, warung serba ada, dan penyedian barang–barang kebutuhan  anggota.

Namun, untuk mewujudkan koperasi yang mandiri dan usaha mikro kecil yang kuat, masih ditemukan hambatan, yaitu masalah SDM  dan permodalan.

Untuk itu dalam penyusunan program kegiatan Dinas terkait, diharapkan mampu menyusun  program yang dapat menyelesaikan permasalahan dimaksud, katanya.

Sebab, kemandirian koperasi dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat, karena koperasi mampu memberikan kontribusi peningkatan pendapatan.