Nasional Politik Trendings

Kabinet Presiden Jokowi Jilid II Memiliki Jumlah Menteri Perempuan Lebih Sedikit Dibanding Sebelumnya

PortalSumber –  Berkurangnya jumlah menteri perempuan pada Kabinet Indonesia Maju dibandingkan dengan Kabinet Kerja sebekumnya yang sama-sama dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, telah menunjukkan komitmen kesetaraan gender lemah.

Hal itu dikatakan oleh peneliti di Cakra Wikara Indonesia Anna Margret. Pada Kabient Indonesia Maju hanya ada lima menteri perempuan, diantaranya tiga menteri petahana dan dua menteri baru.

Sementara pada Kabinet Kerja ada sembilan menteri perempuan, kemudian pada perjalanannya Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengundurkan diri karena ingin maju menjadi gubernur Jawa Timur, sehingga tinggal delapan menteri perempuan pada Kabinet Kerja.

“Pada periode sebelumnya Jokowi komitmen dia dalam kesetaraan gender terlihat, mendengarkan masukan-masukan untuk memasukkan beberapa perempuan dalam kabinetnya. Lalu sekarang dari lima menteri hanya ada dua menteri perempuan baru,” jelas Anna.

Dua menteri baru tersebut adalah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Sementara itu Komisioner Komnas Perempuan Khariroh Ali menyayangkan berkurangnya menteri perempuan dalam kabinet baru ini.