Daerah

KPU Menjamin Penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah Labuhanbatu Selatan

PortalSumber –  KPU Daerah Labuhanbatu Selatan akan menjamin penyelenggara pemilihan kepala daerah di tingkat ad hoc atau sementara dalam peserta asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Ketua KPUD Labuhanbatu Selatan, Efendi Pasaribu di Kotapinang mengatakan, sebanyak 6.667 penyelenggara di tingkat ad hoc terdiri dari 25 orang Panitia Pemungutan Suara Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara sebanyak 126 orang dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara sebanyak 6.480 orang akan diasuransikan. Sementara, diperkirakan penyelenggara sementara bisa mencapai sebanyak 7200 orang bila ada perubahan.

Program tersebut akan dilaksanakan ketika dilakukan penjaringan dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada tahun 2020. Pihaknya juga sudah menjalin kerja sama dengan BPJS yang akan disesuaikan dengan SK masing-masing petugas Pilkada. Sementara, anggaran dana yang diajukan sudah dialokasikan secara maksimal untuk petugas Pilkada melalui RAPBD 2020 Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan. 

“Rencananya pada Pilkada 2020 nanti seluruh penyelenggara di tingkat ad hocakan didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kepesertaan di bagi berdasarkan SK yang bervariatif, seperti PPK dan PPS yang butuk waktu enam bulan hingga sembilan bulan masa kerjanya, sedangkan KPPS sekira satu bulan,” katanya.

Efendi Pasaribu menjelaskan, prorgam jaminan tersebut dilakukan antisipasi dan evaluasi Pemilu serentak April 2019 terkait petugas PPK, PPS, dan KPPS yang meninggal dunia. Demikian, tidak ada petugas yang meninggal dunia ketika menjalankan tigas kepemiluan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Pihaknya berharap, pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang lebih sukses dibandingkan Pemilu yang lalu. “Mudah-mudahan tidak ada kecelakaan petugas dalam Pilkada nanti,” jelasnya.