Daerah Ekonomi Nasional

Mendorong Inklusi Keuangan Kabupaten Kep Seribu

PortalSumber – Untuk mendorong inklusi keuangan di Kabupaten Kepulauan Seribu, Bank DKI bersama Bank Indonesia (BI) Perwakilan DKI Jakarta telah melakukan peluncuran Digital Island Kepulauan Seribu.

Direktur PT Bank DKI, Ateng Rivai, mengatakan, Digital Island yang diluncurkan oleh Bank Indonesia bersama Bank DKI dan perwakilan bank lainnya merupakan apresiasi atas inisiasi yang telah dilakukan oleh Bank DKI di Kepulauan Seribu. Karena, Bank DKI telah menempatkan ATM, EDC dan QR Code.

“Untuk meningkatkan berbagai macam akses produk dan layanan yang berbasis perbankan digital di Kepulauan Seribu, Bank DKI telah menerapkan program Inklusi Keuangan termasuk program Laku Pandai dan juga penyaluran pembiayaan kepada pelaku usaha di wilayah tersebut,” kata Ateng Rivai, Kamis (31/10/2019).

Dengan adanya agen laku pandai ini, warga Kepulauan Seribu akan semakin dimudahkan dalam melakukan transaksi perbankan dengan Bank DKI. “Nasabah dapat melakukan pembukaan rekening ataupun pengambilan uang tunai kepada agen laku pandai yang telah bekerjasama dengan Bank DKI,” ujar Ateng Rivai.

Untuk memperluas akses terhadap layanan jasa perbankan, Bank DKI telah melakukan sejumlah upaya. Diantaranya, penempatan 11 mesin ATM Bank DKI dan penyebaran 69 mesin EDC Bank DKI di wilayah kepulauan seribu.