Daerah Kesehatan

Fasilitas Kesehatan dan Kurang Tenaga Media Membuat Akses Kesehatan Terhambat

PortalSumber – Terbatasnya fasilitas kesehatan dan kurangnya jumlah tenaga medis membuat akses kesehatan masyarakat di wilayah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T) terhambat. Terkadang fasilitas kesehatan cukup memadai, namun tenaga medisnya tidak tersedia. Tidak jarang kondisi sebaliknya pun kerap terjadi.

Pendiri Yayasan Dokter Peduli atau doctorSHARE, dr Lie Dharmawan, mengatakan, kesehatan menjadi modal utama sebagian besar masyarakat di daerah terpencil untuk melanjutkan hidup. Bertani, berkebun, beternak, dan mencari ikan menjadi jenis pekerjaan masyarakat di daerah terpencil yang menuntut kondisi kesehatan prima.

“Masalah kesehatan menjadi kendala besar karena jika tidak bisa bekerja maka tidak ada penghasilan pada hari itu. Seluruh anggota keluarga jadi taruhannya,” kata dr Lie Dharmawan

Atas latar belakang tersebut, dr Lie dan tim doctorSHARE akhirnya memutuskan untuk fokus memberikan pelayanan di bidang kesehatan secara gratis bagi masyarakat di wilayah terpencil Indonesia. Pelayanan medis yang dilakukan doctorSHARE dengan sistem ‘jemput bola’ yakni tim medis datang langsung ke lokasi masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan.