Daerah Ekonomi

Pemprov Sumut Menetapkan UMP Sebesar…

PortalSumber – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menetapkan upah minimum provinsi (UMP) tahun 2020 sebesar Rp 2.499.423, atau naik sebesar 8,51 persen. Penetapan UMP ini pun sudah ditandatangani oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, dan akan berlaku pada 1 Januari 2020 mendatang.

“Untuk UMP Sumut, kemarin Pak Gubernur sudah mendapatkan besarannya. Kita tinggal tunggu, diumumkan hari ini atau bagaimana,” ujar Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah di Medan, Jumat (1/11/2019).

Wagub Sumut yang akrab dengan sapaan Ijeck ini mengaku belum bisa memastikan kapan tepatnya UMP itu akan diumumkan. Sebab, Gubernur sendiri saat ini masih berada di luar kota. “Senin baru pulang. Nanti kita lihat kepastiannya, apakah diumumkan Senin,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut, Harianto Butarbutar, mengungkapkan, UMP tersebut telah ditetapkan oleh Gubernur Sumut.

“Sudah diumumkan juga,” kata Harianto sambil menambahkan, penetapan UMP tersebut tertuang dalam SK Gubernur Sumut Nomor 188.44/674/KPTS/2019 tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi Sumatra Utara tertanggal 1 November 2019.