Nasional

KPU Berencana Membatasi Usia Petugas Petugas Penyelenggara Pilkada 2020

PortalSumber – Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana untuk melakukan pembatasan usia petugas penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada), di dalam draf rancangan perubahan peraturan KPU (PKPU) Nomor 3/2017.

Nantinya penyelenggara Pilkada yang terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS) harus memiliki usia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun.

“Kan PKPU sebelumnya tidak ada aturan berapa usia maksimal nggak ada. Karena yang diatur dalam undang-undang hanya usia minimal yaitu 17 tahun. Sehingga dengan menerima masukan dari beberapa pihak, kami menganggap bahwa perlu ada batasan umur maksimal,” kata Ilham Saputra selaku Komisioner KPU.

Dilanjutkannya, dengan adanya rencana pembatasan usia kepada petugas penyelenggara pemilu lantaran berkaca pada saat Pemilu 2019 lalu yang banyak memakan korban jiwa.

“Sehingga bisa meminimalisir jumlah orang yang wafat dalam pelaksanaan tugas. Iya sebenarnya begitu, kita mengantisipasi ya walaupun sebenarnya pilkada juga dari pengalaman-pengalaman ada yang meninggal tapi sangat minim sekali,” jelasnya.

Selain itu juga, para petugas penyelenggara harus memiliki surat keterangan sehat dari puskesmas sebagai salah satu syarat.

“Kita dirancangan PKPU baru ini kita akan membuat ada kerja sama antara KPU kab/kota di setiap kab/kota dan dinas kesehatan. Misalnya ada pemeriksaan mendalam dan sebagainya. Dan tentu saja dengan biaya yang kita harapkan jauh lebih minim,” ujarnya.