Nasional

Menkumham Mengadakan Rapat Untuk Membahas Omnibus Law

PortalSumber – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menggelar rapat tertutup dengan Badan Legislasi DPR RI. Rapat itu ditujukan untuk membahas Program Legislasi Nasional (Proglegnas).

“Kita membahas Prolegnas. Tentunya dibahas sebetulnya konsep omnibus law, supaya kita satu bahasa dengan DPR, Baleg dalam hal ini,” jelasnya.

Presiden Jokowi rencananya akan membuat dua omnibus law, yakni terkait Undang-Undang Cipta lapangan kerja dan pemberdayaan UMKM.

Menurut Yasonna, seluruh stakeholder, khususnya kementerian juga sedang membahas dan menyamakan persepsi terkait membentuk kedua UU itu.

“Di tingkat kementerian kan saya sudah mengadakan rapat dengan seluruh stakeholder kementerian lembaga yang ada. Kami sudah menugaskan jajaran Eselon 1 untuk terus mematangkan konsep ini supaya nanti pada saat kita menyusun prolegnas naskah akademik dll, kita maksukan ke prolegnas, bulan Desember sebelum reses berikutnya,” ujarnya.

Selain itu, Yasonna menuturukan untuk membahas omnibus law tidak ada target maupun termasuk dalam 100 hari program kerja. Tetapi Politikus PDIP ini ingin kedua UU tersebut masuk proglegnas tahun 2020 dan segera dibahas secepatnya.

“Enggak ada 100 hari. Tapi kan kalau belum 100 hari kenapa rupanya. Maksudnya UU tidak mungkin selesai 100 hari, tapi prosedur dan apanya dulu kita udah mulai dan masuk prolegnas dan skrng seluruh kementerian lembaga harus lembur lah,” tutupnya.