Nasional

Universitas Islam Negeri Tidak Perlu Memanggil UAS Terkait Isu Pengunduran Diri

PortalSumber – Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau sudah melakukan pemanggilan sebanyak tiga kali terhadap Ustadz Abdul Somad (UAS). Hal ini terkait pengunduran diri UAS sebagai pegawai negeri sipil (PNS) yang juga merupakan dosen di kampus tersebut.

“UAS kan sudah jelas mengajukan surat pengunduran diri tidak mengajar lagi. UAS sudah memberi alasan bahwa dia mundur karena kesibukan berdakwah. Itukan sudah jelas,” kata Saiman.

Dia mengatakan, kebijakan UIN Suska Riau memanggil UAS atas pengunduran diri tersebut tidak memiliki dasar yang pasti. Menurutnya, pemanggilan berkali-kali tersebut justru menimbulkan kesan seolah-olah UAS bersalah. 

“Ada pemanggilan UAS berkali kali, seolah olah dia seperti bersalah saja. Ada kesan memang ada masalah dalam pengunduran diri UAS. Padahal kan tidak, UAS mundur baik baik, alasanya juga bisa diterima,” tambahnya.

Ia juga meminta UIN Suska Riau dan kementerian terkait tidak mempersulit pengunduran diri UAS. Menurutnya, pengunduran diri merupakan hak setiap orang, jadi harus dihormati.

“Surat dari UAS tinggal diproses saja. Tidak perlu ada surat pemanggilan. Karena memang kebijakan UIN memanggil UAS tidak tepat dan tidak berdasar,” tutupnya.

UIN Suska Riau kembali melayangkan surat panggilan terhadap UAS terkait surat pengunduran diri sebagai dosen dan PNS. UIN Suska Riau meminta UAS datang pada panggilan terakhir atau panggilan ketiga, yakni 6 November 2019.