Trendings

Bea Cukai Kembali Memberikan Izin Fasilitas Kawasan Berikat

Portalsumber – Bea Cukai Jateng DIY kembali menambah daftar serangkaian perusahaan sebagai penerima fasilitas Kawasan Berikat di wilayah Yogyakarta. Pemberian izin yang ke-20 di tahun 2019 kali ini diberikan kepada perusahaan manufaktur PT JS Corp Boyolali Indonesia (JS Boyolali) secara resmi pada Selasa (29/10/19) lalu.

Upaya ini merupakan salah satu cara yang gencar dilakukan pemerintah dalam meningkatan pertumbuhan ekonomi dan mendorong aktivitas investasi dan ekspor dalam negeri.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng-DIY, Parjiya menerangkan bahwa fasilitas kawasan berikat merupakan fasilitas insentif fiskal berupa penangguhan bea masuk atas impor bahan baku/penolong untuk diproduksi yang kemudian hasil akhirnya akan diekspor.

“Pemeriksaan barang impor perusahaan langsung dilakukan di gudang pengusaha, tentunya hal ini akan dapat memperlancar arus barang impor, dan juga akan menekan biaya penimbunan barang di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) yang dikeluarkan oleh pengusaha,” paparnya.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Juli Tri Kisworini, juga menjelaskan hal serupa, untuk dapat menerima fasilitas ini sangatlah mudah dengan mematuhi persyaratan yang telah diberikan oleh pemerintah.

“Perusahaan wajib mempresentasikan profil perusahaan, proses bisnis dan telah memberdayakan CCTV dan IT Inventory yang menjadi subsistem dari system akuntansi perusahaan. Perizinan juga diberikan secara gratis tanpa biaya sama sekali,” jelasnya