Trendings

Mahfud MD Dukung Dikeluarkannya Perppu KPK

Portalsumber – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa sikap yang diambilnya tidak akan berubah, yakni mendukung dikeluarkannya Perppu KPK.

Tetapi, menurutnya, kewenangan dalam mengeluarkan Perppu KPK berada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mahfud juga menghormati sikap Kepala Negara yang hingga kini belum jua mengeluarkan Perppu KPK.

“Saya kira itu kewenangan Presiden. Kita sudah menyatakan sikap masing-masing termasuk sikap saya mendukung Perppu. Kan gitu. Bahwa Presiden tidak, ya kita tidak bisa memaksa. Termasuk yang tidak setuju juga tidak bisa memaksa,” paparnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut merasa sikapnya sudah jelas terkait Perppu KPK. Tetapi ia juga menyadari bahwasanya saat ini ia telah masuk ke dalam kabinet sehingga tidak bisa menentang keputusan Kepala Negara yang belum akan mengeluarkan Perppu KPK.

“Kita sudah menyatakan pendapat pada waktu itu. Nah sekarang sudah menjadi menteri masa mau menantang itu. Kan sejak awal, sejak sebelum menjadi menteri pun saya katakan itu wewenang Presiden. Tapi kita mendukung Perppu. Nah, kalau sudah wewenang kemudian tidak dipilih itu sebagai kebijakan, kan itu wewenang penuh Presiden,” pungkasnya