Trendings

Mahfud MD Menegaskan Bahwa Pemilihan Dewas Tidak Melalui Pansel

Portalsumber – Menteri Mahfud MD menegaskan bahwasanya pemilihan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak melalui panitia seleksi (pansel).

Menurut Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK, Dewas KPK dipilih oleh Presiden paling lambat bersamaan dengan pelantikan komisioner lembaga antirasuah periode baru pada Desember mendatang.

Enggak (dipilih lewat pansel-red). Kan menurut Undang-undang untuk pertama kali Dewas itu dipilih oleh Presiden paling lambat bersamaan dengan pelantikan komisioner KPK yang baru. Itu Undang-undangnya. Untuk yang kedua boleh pakai pansel,” jelasnya.

Presiden Jokowi segera menunjuk anggota Dewan Pengawas KPK. Tetapi pemilihannya tidak melalui panitia seleksi (pansel). Kepala Negara menjamin mereka yang duduk di posisi tersebut memiliki kredibilitas yang baik. Nantinya ada 5 orang yang akan menduduki jabatan tersebut dengan satu orang di antaranya menjadi ketua. Posisi Dewas KPK sendiri sangatlah strategis karena salah satunya sebagai pemberi izin penyadapan, penggeledahan dan penyitaan.