Peristiwa Trendings

Usai Upacara, Jokowi dan Ma’ruf Amin Tabur Bunga di Makam Pahlawan

PortalSumber – Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan tabur bunganya di Taman usai melakukan upacara Hari Pahlawan Nasional di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (10/11). Jokowi menabur bunga ditemani Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Pantauan di lokasi, Jokowi sempat berkeliling ke sejumlah makam pahlawan setelah beranjak dari lokasi upacara. Ia mendoakan arwah para pahlawan lalu menaburkan bunga. Dirinya sempat berdoa sambil dan mengangkat kedua tangannya.

Kemudian, Ma’ruf Amin sempat menaburkan bunga ke makam yang sama. Dirinya terlihat mengambil segenggam bunga dan berdoa.

Saat tabur bunga itu, Jokowi dan Ma’ruf ditemani Menteri Sosial Juliari Batubara, Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Fachrul Razi, Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Kini prosesi upacara telah selesai. Rangkaian upacara mengenang arwah para pahlawan, memperingati pertempuran 10 November di Surabaya dan mengheningkan cipta. Dalam kegiatan itu, Jokowi menjadi Inspektur upacara.

Jokowi Ajak Masyarakat Hormati Jasa Pahlawan

Jokowi meminta masyarakat untuk menghargai dan menghormati jasa para pahlawan. Menurut Jokowi, dengan menghormati para pahlawan maka Bangsa Indonesia akan menjadi besar.

“Bangsa besar adalah bangsa yang mau menghargai, menghormati jasa-jasa pahlawannya,” ujar Jokowi.

Jokowi meminta masyarakat untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional dengan mengenang jasa-jasa para pahlawan.

“Dan kita ingat bahwa para pahlawan telah berjuang, merebut, mempertahankan kemerdekaan kita, negara kita dan menjadi kewajiban kita bersama sebagai penerus untuk terus mengisi kemerdekaan yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan, terutama perjuangan dalam memberantas kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kesenjangan dan yang lain-lainnya,” kata Jokowi.