Ekonomi Entertainment

Kominfo Pariaman Pelajari Perkembangan Layanan Publik ke Kota Dumai

PortalSumber – Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Pariaman, kunjungi Kominfo Kota Dumai. Hal itu guna untuk mempelajari perkembangan layanan publik di daerah tersebut.

“Sengaja kami mengunjungi Kominfo Kota Dumai ini, sebab menurut kami pengelolaan kominfo di sini selangkah lebih maju dari pada di Kota Pariaman,” sebut Kepala Dinas Kominfo, Kota Pariaman, Hendri saat study komperarif ke Kominfo Kota Dumai, pada Senin (11/11/2019).

Lanjut Hendri, dengan begitu apa yang bisa dipelajari di sini, dan dibicarakan juga di Kota Pariaman, untuk dikembangkan.

Pihaknya menyadari, banyak daerah lainnya yang pengelolaan Kominfo-nya lebih baik dari pada Kota Dumai. Namun untuk mencapainya akan sulit karena keterbatasan anggaran.

“Sebenarnya masih ada daerah lain yang lebih maju yaitu Bandung dan Surabaya. Tapi itu akan sulit penerapanya, karena kami sangat jauh tertinggal,” ujarnya.

Saat ini Dinas Kominfo Kota Dumai telah memiliki empat bidang dengan tipe A sedangkan Diskominfo Pariaman masih memiliki dua bidang dengan tipe C.

“Rencananya tahun depan jumlah bidang di Diskominfo Pariaman, akan dijadikan tiga bagian. Sehingga bisa menjadi tipe B, jumlah bidang yang ada di Diskominfo Pariaman yaitu e-goverment serta Informasi dan Komunikasi Publik yang rencananya tahun depan ditambahkan dengan Bidang Statistik dan Persandian,” katanya.

Lebih lanjut Hendri menyampaikan studi tiru tersebut tidak saja untuk belajar tentang Kominfo. Namun juga mempromosikan pariwisata yang ada Kota Pariaman, baik wisata bahari maupun budaya.

“Karena Kota Pariaman adalah kota wisata, jadi kami juga melakukan promosi wisata ke sini, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman,” ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kota Dumai M. Fauzan mengatakan, pihaknya saat ini memiliki sejumlah aplikasi dan program untuk mempermudah pelayanan publik yang bekerjasama dengan sejumlah pihak.

Ia menyebutkan adapun aplikasi dan program tersebut yaitu di antaranya kamera pengintai yang dipasang di sejumlah tempat strategis yang bekerja sama dengan pihak kepolisian dan dinas perhubungan, surat elektronik, serta aplikasi lainnya.

“Kami sekarang sedang mengembangkan aplikasi pemantau kebakaran lahan. Karena lahan di sini mudah terbakar,” ujar dia.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan siap membantu Kota Pariaman untuk mengembangkan aplikasi yang dimiliki.