Daerah Kesehatan Trendings

Ungkapan Hati Orang Tua Kartika, Bayi Penderita Gastroschisis di RSUP M Djamil

PortalSumber – Kartika, bayi penderita Gastroschisis (kelainan usus di luar perut) dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah M. Djamil Padang dari tempat lahirnya Batang Lobung, Mandailing Natal pada Minggu (10/11/2019). Kartika dirujuk ke M Djamil, karena membutuhkan tindakan operasi.

“Bayi kami harus dirujuk karena menderita kelainan saat lahir,” ungkap Beji Sekhi Lase (27) ayah sang bayi kepada Covesia.com Rabu (13/11/2019).

Sambil menunduk, Beji menceritakan bahwa tak ada pertanda atau gejala yang aneh saat sang istri mengandung sang bayi.

“Sama saja saat mengandung anak pertama kami, tak ada petanda apapun, namun saya amat panik ketika mengetahui anak kedua saya lahir dengan keadaan seperti sekarang,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan bahwa bayinya lahir tanpa bantuan alat medis apapun. Jarak antara tempat tinggalnya dan RSUD hanya 1 kilometer, namun akses jalan amat buruk akhirnya sang istri memutuskan untuk proses melahirkan di rumah saja seperti anak pertama.

“Karena khawatir melihat kondisi putri kami, saya memutuskan membawa ke RSUD Panyabungan dan oleh rumah sakit dirujuk ke RSUD M Djamil Padang karena diperkirakan peralatan di Padang lebih lengkap,” ujarnya.

Selain itu, Jojor Marbono (47) nenek sang bayi pun menceritakan bagaimana bayi itu terus berjuang menahan sakitnya.

“Jarak antara tempat tinggal kami dengan Padang menempuh 7-8 jam perjalanan dengan mobil, kami ke sini dengan ambulance, dalam gendongan saya cucu ini merengek ketika ada tanjakan atau tanggul,” jelasnya

“Ia sangat luar biasa dan kuat hingga saat ini ia terus bertahan, saya sangat berharap jika tuhan mengizinkan ia untuk terus hidup ia akan seperti Kartini, lihat saja, saat masih kecil seperti ini ia sudah merasakan pahitnya hidup,” ungkap Jojor.

Senada dengan Jojor, Beji yang sehari-hari bekerja di kebun sawit amat mengharapkan anaknya dapat kembali ke rumah dan sang anak bisa bertemu sang ibu.

Namun, apalah daya, bayi perempuan yang diberi nama Kartika itu sekarang masih dalam perawatan setelah dioperasi.

Selama pengobatan Kartika, Beji dan Jojor menginap di ruang tunggu RSUD M Djamil hampir 4 hari.