Daerah Ekonomi Politik Trendings

BNN Jadikan 5 Desa di Sumbar Desa Bersinar

PortalSumber – Penggunaan narkoba yang terus meningkat membuat Badan Narkotika Nasional terus bergiat memberantasnya. Berbagai macam program diluncurkan supaya masyarakat bersih dari narkoba, salah satunya adalah program Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba).

Peredaran narkoba tidak hanya terjadi di kota tapi juga di desa-desa. “Bahkan sekarang lebih banyak di desa,” ungkap Budiyono Direktur Pasca Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) di kantor gubernur Sumbar, Rabu (20/11/2019).

Budiyono menyebutkan jenis narkotika berupa ganja, sabu-sabu, ekstasi masih tersebar dan dikonsumsi oleh masyarakat di kota maupun desa.

“Kalau di kota sudah dioperasi oleh Polda dan BNN, setidaknya para pelaku sudah mulai takut, namun di desa mereka belum ditindak lebih lanjut,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa BNN memiliki keterbatasan tempat rehabilitasi. “Program Desa Bersinar diharapkan mampu membantu masyarakat memberantas narkoba, jadi dari masyarakat untuk masyarakat,” terangnya.

Kita akan melatih agen terapi dan rehabilitasi di desa. Menggunakan kearifan lokal, hingga pecandu bisa direhabilitasi dan pasca rehabilitasi.

Budiyono mengatakan bahwa pasca rehabilitasi inilah yang paling penting, sebab 70 persen pengguna akan kambuh lagi kalau tidak mengikuti pasca rehab.

“Jadi Agen pemulihan ini bisa membantu BNN di daerahnya, rehabilitasi tidak lagi di pusat tapi bisa si daerah masing-masing,” terangnya.

Kebanyakan pelaku yang berada di desa masyarakat tidak mau melapor, dan pecandu tidak diajak rehabilitasi karena malu atau takut adanya diskriminalisasi. Jadi semakin banyak korban di desa.