Kriminal Nasional Trendings

Kejari Pasaman Musnahkan Ribuan Gram Narkoba

PortalSumber- Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat bersama Forkopimda setempat melakukan pemusnahan terhadap ribuan Gram Barang Bukti (BB) Narkoba dan belasan Liter Tuak yang sudah berkekuatan hukum tetap dihalaman Kejari setempat, Rabu (20/11/2019).

Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman, Adhryansyah kepada Covesia.com, dalam kesempatan tersebut mengatakan seluruh BB tersebut merupakan sisa dari bukti di persidangan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap (Incrah) sesuai putusan di Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping.

“Untuk tindak pidana Narkotika yang disidangkan di Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping ada 18 perkara yang sudah Incrah. Adapun berat keseluruhan Barang Bukti (BB) dari perkara tersebut yaitu 4.965,61 Gram untuk Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman Ganja dan 31,32 Gram untuk Shabu-sabu. Kemudian minuman Tuak sebanyak 13 liter,” terang Adhryansyah.

Adhryansyah mengatakan, dari seluruh perkara tersebut terjerat 18 orang Terpidana Narkoba, dan dua orang Terpidana memperdagangkan minuman beralkohol jenis Tuak.

“Masing-masing terpidana Narkoba dijatuhi hukuman sesuai amar putusan Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping berkisar dari satu tahun hingga 12 Tahun Penjara. Sementara untuk terpidana memperdagangkan minuman beralkohol didenda Rp250 ribu sampai Rp350 ribu,” katanya.

Pihaknya mengatakan bahwa berdasarkan data statistik Kejaksaan, jumlah kasus Narkoba paling banyak sepanjang tahun 2019 ini.

“Trendnya terus naik. Sepertinya daerwh Pasaman bukan hanya sebagai daerwh jalur perlintasan bagi pengedar, tetapi juga sudah masuk daerah titik edar bagi para pelaku. Untuk itu, kami sangat mengharapkan kerjasama semua pihak termasuk aparat gabungan dalam pemberantasan peredaran Narkoba maupun Penyakit Masyarakat (Pekat) di Pasaman ini,” harapnya.

Pihaknya kata dia disamping penegakan hukum juga sudah gencar melakukan sosialisai baik ke sekolah, dan lingkungan masyarakat. Namun kata dia, upaya tersbut harus didukung oleh semua pihak.

Sementara Bupati Pasaman, Yusuf Lubis yang diwakili Asisten, AlinYusri mengaku sangat mengapresiasi keseriusan aparat beserta instansi terkait dalam penindakan pelaku pengedar Narkoba di daerah itu.

“Ini akan menjadi catatan serius lagi bagi kami di Pemda agar ada gerakan yang lebih gesit lagi bersama-sama dalam pemberantasan peredaran Narkoba ini kedepannya,” ungkapnya.