Daerah Ekonomi

Sopir Trans Jogja Tabrak Pemotor Ditetapkan Tersangka

Sopir bus Trans Jogja, Arif Himawan (32), ditetapkan sebagai tersangka. Arif ditetapkan sebagai tersangka atas kasus kecelakaan antara bus Trans Jogja yang dikemudikannya dengan sepeda motor matic di Simpang Empat UPN Yogyakarta, Rabu (27/11).

Akibat tabrakan ini, pengemudi sepeda motor bernama Aji Pradana (19) tewas. Aji yang merupakan pelajar asal Wonogiri ini tewas karena luka berat di bagian kepala.

Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto, mengatakan sopir bus Trans Jogja ditetapkan sebagai tersangka usai menjalani pemeriksaan. Sopir disebut Yuliyanto ditetapkan menjadi tersangka pada Rabu (27/11) malam.

Yuliyanto mengungkapkan, sopir ditetapkan sebagai tersangka karena saat kecelakaan melanggar lampu pengatur lalu lintas.

“Status tersangka. Dari penyidik bahwa memang bus melanggar. Sepeda motor sudah warna hijau (lampu lalu lintas), sehingga sudah haknya untuk sepeda motor (melaju),” ucap Yuliyanto, Kamis (28/11).

Yuliyanto menerangkan bahwa sopir bus Trans Jogja itu dikenakan Pasal 311 ayat 5 UU Nomor 22 tahun 2009.

“Untuk sementara terindikasi Pasal 311 ayat 5 UU 22 thn 2009 di mana pengemudi dengan sengaja mengemudikan kendaraan Bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang,” tegas Yuliyanto.