Politik

Kader Golkar Ingin Airlangga Maju Capres 2024

Airlangga Hartarto (Dok. JawaPos.com)

Musyawarah Nasional (Munas) Golkar 2019 sedang berlangsung. Sejumlah kejutan terjadi pada forum tertinggi di partai berlambang beringin itu. Mulai dari mundurnya Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari bursa caketum hingga pencalonan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan, mayoritas DPD partai berlogo pohon beringin ini menginginkan supaya Airlangga bisa menjadi capres di Pemilu 2024.

“Kalau para pemilik suara atau ketua DPD sudah bersepakat menginginkan ketua umum kami menjadi capres 2024,” ujar Lodewijk, Rabu (4/12).

Menurut Lodewijk, aspirasi dari para kader Golkar di daerah itu nantinya akan bisa dibahas lebih lanjut. Pasalnya, hal itu merupakan usulan kader yang ada di forum tertinggi musyawarah nasional (Munas) Partai Golkar

“Jadi itu amanat yang harus dilakukan ketua umum nantinya,” katanya.

Sementara, Ketua DPD Partai Golkar Sulawesi Utara Tetty Paruntu menegaskan, dirinya total memberikan dukungannya terhadap Menteri Perkonomian tersebut sebagai capres di 2024.

“Kami menyatakan dukungan sepenuhnya kepada Pak Airlangga menjadi Ketua Umum DPP Golkar periode 2019-2024 dalam Munas ke X 2019,” ujar ‎Tetty.

Ketua DPD Partai Golkar NTT Melki ‎Lakelena juga menyatakan dukungannya terhadap Airlangga Hartarto. Sehingga nantinya capres dari Partai Golkar bisa ikut serta dalam hajatan besar lima tahunan ini.

“Pada Juni 2019, kami pleno, memutuskan kami mendukung Airlangga Hartarto memimpin periode 2019-2024,‎” ungkapnya.

Diketahui, sebelumnya ada 11 DPD Partai Golkar di tingkat provinsi menyatakan dukungannya kepada Airlangga Hartarto untuk kembali menjadi ketua umum partai berlambang pohon beringin periode 2019-2024.