Daerah Entertainment Trendings

Hadir Sebagai Wisata Baru, Wisata “Simpang Tigo Buayo Putieh” di Sutera-Pessel Kian Diminati

Kawasan Wisata “Simpang Tigo Buayo Putieh” di Kenagarian Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menjadi kawasan wisata yang paling diminati oleh wisatawan lokal saat ini.

Padahal, kawasan wisata ini baru dibuka sekitar dua bulan lalu oleh kelompok pemuda dan masyarakat secara swadaya tampa ada pihak ketiga. Seperti, pemerintah nagari maupun pemerintah daerah.

Meski, dibuka hanya secara swadaya oleh pemuda dan masyarakat. Tetapi, kawasan ini berhasil menjadi ikon wisata baru yang menggait wisatawan lokal dan menjadi tempat berlibur yang diminati setiap hari weekennya.

Pantauan Covesia.com dilapangan Sabtu (7/12/2019), terlihat setiap weekend Sabtu-Minggu, kawasan wisata “Simpang Tigo Buayo Putieh” selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Tidak hanya pada hari libur saja, hampir setiap hari kawasan wisata “Simpang Tigo Buayo Putieh” didatangi pengunjung.

Hebatnya, kawasa wisata ini tidak memungut biaya atau tiket masuk bagi pengunjung, dan pengunjung bebas keluar masuk untuk menikmati kawasan wisata.

Pengunjung, cukup menyediakan uang Rp 2.000 untuk masuk kekawasan wisata Simpang Tigo Buayo Putieh, dan biaya itu hanya untuk parkir kendaraan saja.

Setelah itu, pengunjung bisa menikmati suasana pantai dengan jejeran pohon pinus yang tersusun rapi.

Mantapnya, setiap pohon pinus yang ada di lokasi, memiliki tempat duduk kayu (Palanta) yang bisa dinikmati pengunjung untuk bersantai sambil menikmati kawasan.

Selain tempat duduk bersantai, kawasan ini memiliki spot-spot berfoto yang cukup bagus dengan dekorasi menghiasi pohon pinus dan tulisan-tulisan menarik disekitar kawasan.

Menariknya, kawasan wisata ini juga memiliki kawasan bermain bagi anak-anak dan wahana air. Seperti, pelampung bebek-bebek untuk anak-anak dan perahu karet serta sepeda air bagi pengunjung dewasa.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati permainan dan wahana air yang ada dikawasan, pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang banyak.

Karena, tarif permainan dan wahana air yang ada dikawasan cukup terjangkau. Pengunjung cukup membayar Rp 10 rubu setiap permainan air yang ada dilokasi, dengan jangka waktu 15 menit bermain.

“Alhamdulillah, kami tidak menyangka kawasan ini bisa menarik pengunjung setiap harinya. Apalagi di hari libur, pengunjung sangat ramai kesini, “sebut Ketua Kelompk Wisata Simpang Tigo Buayo Putieh, Dodianto pada Covesia.com

Dikatakannya, untuk hari libur seperti Sabtu-Minggu diperkirakannya, sekita 1000 pengunjung hadir dikawasan ini untuk menikmati suasana pantai dan bermain wahana air.

Dimana katanya, kawasan wisata ini mulai dibuka setiap harinya dari pukul 11.00 WIB, untuk hari libur akan dibuka mulai dari pukul 08.WIB.

“Kalau sudah hari libur mulai dari pukul 14.00 WIB pengunjung mulai datang, dan pengurus serta pemuda akan sibuk mengawasi pengunjung. Apalagi di tempat parkir pemuda sangat sibuk mengatur kendaraan yang masuk dan keluar, “katanya

Ia menambahkan, kalau untuk hari biasa pengunjung yang datang itu, banyak dari anak-anak sekolah. Seperti, anak-anak sekolah TK dan SD dibawah oleh guru-gurunya.

Sementara siangnya, akan diramaikan oleh anak sekolah dari SMP dan SMA kerena kawasan ini tidak jauh dari sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Sutera.

Lanjutnya mengatakan, meski mereka berhasil menghidupkan dan menarik wisatawan lokal ke kawasan wisata, yang mereka ciptakan secara swadaya.

Namun, ia mengakui masih banyaknya kekurangan yang mesti dilengkapi di kawasan wisata ini. Terutama di bagian fasilitas seperti, WC umum, tempat ibadah dan akses jalan yang masih terbuat dari tanah.

“Untuk itu, kita berharap bantuan kepada pihak pemerintah, baik nagari maupun daerah. Agar kawasan wisata ini terus berkembang dan tidak sementara saja,”tutupnya