Politik Trendings

Berniat Maju dengan Fakhrizal, Genius Tetap Rawat Komunikasi dengan Sejumlah Parpol

Walikota Pariaman, Genius Umar, dipinang oleh Irjen Pol Fakhrizal sebagai pasangannya pada pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar pada 2020 nanti. Fakhrizal dan Genius maju melalui jalur perseorangan atau independen.

Meski demikian, kata Genius, dia masih merawat komunikasi politik dengan partai pengusungnya sewaktu Pilkada Pariaman pada 2018 kemarin.

Hal tersebut disampaikannya usai mengikuti acara diskusi literasi Good Governance Pengelolaan Keuangan Daerah di Aula Pascasarjana Fakultas Hukum Unand, Padang, Selasa (10/12/2019).

Sewaktu maju dengan Mardison Mahyuddin pada Pilkada Pariaman 2018, ada enam partai politik yang mengusungnya, yaitu PAN, PDIP, PBB, PPP, Golkar, dan PKB.

Saat ditanya apakah ada kemungkinan pasangan Fakhrizal-Genius akan diusung oleh koalisi yang sama, Genius menjawab, “Kita lihat perkembangannya. Semua masih dalam proses. Tapi Bapak Fakhrizal telah menyiapkan jalur independen untuk itu.”

Lebih lanjut, Genius menjelaskan bahwa, dalam politik, semua dinamis. Menjawab kemungkinan pasangan Fakhrizal-Genius dipinang oleh partai politik tertentu, Genius mengatakan saat ini, dirinya sudah berkomunikasi dengan sejumlah partai.

Pada kesempatan tersebut, Genius menjelaskan bahwa persiapan administrasi pencalonan independennya sudah sampai 85 persen.

Menanggapi mutasi Irjen Pol Fakhrizal dari Kapolda Sumbar menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam di Mabes Polri, Genius mengatakan bahwa hal tersebut adalah hal yang biasa.

“Saya dulu waktu maju menjadi walikota juga berhenti sebagai PNS. Pastilah kalau POLRI, TNI, ASN pasti akan berhenti. Dan itu adalah proses yang harus kita ikuti sesuai peraturan undang-undang,” jelasnya.

Genius menyampaikan bahwa saat ini dirinya sedang mengerjakan tanggung jawabnya sebagai Walikota Pariaman. Dia sendiri akan mengambil cuti selama dua bulan saat Pilgub yang akan dating. “Pas masa kampanye saja,” ujarnya.