Entertainment Nasional Trendings

Tahun 2020, Pemda Agam Terapkan Kartu Tani

Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera barat (Sumbar) akan menerapkan kartu tani pada tahun 2020 mendatang. Plt Kepala Dinas Pertanian Agam, Yosefriawan melalui Kepala Bidang PSPP, I Nyoman Gede Karyawan mengatakan, kartu tani ini secara umum berfungsi sebagai alat bantu pemerintah daerah untuk menjamin ketersediaan dan distribusi pupuk bersubsidi kepada para petani secara benar dan tepat.

”Kementrian pertanian sudah menerapkan ini semenjak tahun 2017 kemarin secara bertahap, dan ditargetkan kartu ini dapat digunakan untuk menyalurkan pupuk bersubsidi secara nasional,” ujarnya, Selasa (10/12/2019).

Dalam penerapan kartu tani ini pihaknya bekerja sama dengan Bank Mandiri selaku pihak perbankan yang ditunjuk untuk penyaluran pupuk bersubsidi.

“Kartu tani ini merupakan kartu debit yang multifungsi sekaligus memuat data lahan, kebutuhan pupuk sehingga memberikan informasi dan monitoring bagi pemda, para petani bisa menebus pupuk bersubsidi kepada kios yang ditunjuk dengan menggunakan kartu tersebut,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, kartu tani ini juga bisa dipergunakan untuk mengajukan kredit usaha di lembaga perbankan dan lembaga keuangan yang sudah ditunjuk pemerintah.

“Kita berharap dengan adanya kartu tani ini bisa membantu para petani dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” tutupnya.