Entertainment Internasional Nasional Trendings

Kementerian Perdagangan Prioritaskan Perjanjian Indonesia-Uni Eropa

Pemerintah Indonesia menargetkan perjanjian dagang komprehensif [CEPA] dengan asosiasi perdagangan bebas eropa [EFTA] selesai tahun 2020. Demikian disampaikan Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga.

Jerry Sambuaga mengunjungi Kota Pematangsiantar untuk pertama kalinya, sebagai Narasumber dalam kuliah umum dengan tema perdagangan internasional dalam perspektif kebijakan global di Aula Nommensen Pematangsiantar, Rabu (11/12/2019) pukul 13.00 WIB.

“Jadi kami Kementrian Perdagangan memiliki agenda-agenda untuk merealisasikan perjanjian perdagangan internasional,” jelas Jerry ditemui usai kuliah umum.

“Seperti amanat Presiden Jokowi memberikan alasan yang jelas bahwa, ada perjanjian yang prioritas, misalnya perjanjian Indonesian dengan Uni Eropa. Ini menjadi prioritas kami, mudah-mudahan bisa kami selesaikan tahun depan,” ungkapnya.

Selain uni Eropa, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan negara-negara lain yang ada di Asia maupun Africa. Pada intinya, kata dia, perjanjian ini harus mendapatkan manfaat yang real.

“Karena yang kita lihat misalnya, produk-produk perdagangan bisa kita manfaatkan karena volume, size-nya yang bisa kita perdagangkan di luar. Dan itu dapat menghidupkan banyak hal misalnya sektor-sektor industri maupun lapangan kerja,” jelasnya

Mantan Anggota DPR RI Komisi I ini mengucapkan terimakasih atas undangan yang disampaikan oleh pihak kampus, yang telah memberikan kesempatan kepada dirinya untuk membawakan kuliah umum.

“Satu kehormatan bagi kami diundang ke Kampus HKBP Nommensen. Ini pertama kali saya datang ke mari, begitu antusiasnya para Mahasiswa, ada Pak Rektor dan Dosen. Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat,” tuturnya.

Jerry berharap kuliah umum dapat dilakukan secara rutin oleh pihak kampus untuk kebutuhan intelektual exercise, mengedepankan semangat diskusi dan berdialog.