Nasional Peristiwa Trendings

Pemkot Pariaman Berikan Pelatihan Keselamatan Berlayar dengan Sistem Zero Accident

Karena memiliki wisata pantai yang luas, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, memberikan pelatihan keselamatan berlayar dengan sistem Zero Accident, kepada seluruh pihak yang terkait dengan pariwisata pantai.

“Zero Accident ini, berarti tidak ada lagi kecelakaan di lokasi wisata pantai Kota Pariaman. Baik itu yang bersifat cidera ringan dan berat atau sampai kematian,” kata Walikota Pariaman, Genius Umar, pada Kamis (12/12/2019).

Lanjut Genius, selain itu, wisata pantai juga harus memiliki keterampilan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

“Makanya kami memberikan pelatihan kepada seluruh pihak yang terkait dengan pariwisata pantai. Seperti Anak Buah Kapal (ABK),” sebut Genius.

Kemudian pihaknya juga melibatkan koordinasi antar lintas instansi, seperti BPBD, Perhubungan, Angkatan Laut, Polairud serta pihak Pariwisata.

“Maka hendaknya pelatihan itu diharapkan bisa membentuk keselamatan berlayar kepada mereka tersebut,” ujar Genius.

Dikatakan Genius, terkait keselamatan wisata pantai tersebut, pihaknya juga sudah membicarakannya dengan pihak Lantamal ll Padang. Bahkan pihak Lantamal juga setuju untuk melatih kedepannya, hingga terwujud wisata zero accident.

Sementara itu, Asisten Potensi dan Pembinaan Mitra, Lantamal ll Padang, Letkol Laut Yusherman mengatakan, pihaknya mendukung permintaan Pemko Pariaman untuk membenahi keselamatan berlayar.

“Iya, kami mendukung itu semua. Apalagi untuk kapal wisata, mereka harus memiliki organisasi. Melalui organisasi kapal wisata tersebut terbentuklah sistem dan koperasi,” ungkap Yusherman.

Diesebutkan Yusherman, sekarang pihaknya menunggu Walikota Pariaman, untuk mengirim mereka yang akan dilatih.

“Kami siap untuk melatih mereka, dan pelatihan akan dilaksanakan jika surat dari pihak Pemkot Pariaman, sudah kami terima,” jelasnya.